Kamis, 03 November 2022

Tugas untuk mata kuliah Legalisasi Profesi

 Tugas Untuk Mata Kuliah Legalisasi Profesi 


NAMA  : MUHAMAD MAKMUR
NIM      : 190511085
KELAS : K2
MK        : Legalisasi Profes


Tugas Untuk Mata Kuliah Legalisasi Profesi 


RESUME DARI 3 JURNAL DENGAN 

TEMA ANIMASI  DAN MULTIMEDIA

1.      1.Multimedia Iinteraktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi

2.  2.Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia pada Jurusan Multimedia SMK BPS&K II Bekasi

3.   3.Animasi Berbasis Multimedia Untuk Siswa Berupa Pengenalan Moda Transportasi Dengan Metode Waterfall




 

HASIL RESUME  JURNAL PERTAMA YAITU ADALAH

Dasar-dasar animasi adalah mata pelajaran kejuruan yang wajib ditempuh dan dikuasai oleh siswa SMK jurusan animasi. Multimedia interaktif menjadi solusi untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan mampu memberikan visualisasi materi secara nyata. Penggunaan e-book yang monoton tidak dapat memberikan visualisasi nyata sehingga berdampak pada kurangnya kepahaman terhadap materi yang dipelajari, terutama materi animasi yang membutuhkan visualisasi. Kurangnya kepahaman terhadap materi dapat berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini berfokus menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Model pengembangan menggunakan model Lee dan Owens yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan tingkat kevalidan sebesar 70%, dari ahli media sebesar 85%, dan dari audiens sebesar 81,7%, sehingga multimedia interaktif yang dikembangkan dikatakan valid dan layak. Dari hasil implementasi berdasarkan pre-test dan post-test terdapat peningkatan hasil belajar. Hasil pre-test siswa mendapatkan nilai rata 46,8 dari 27 siswa dan mendapatkan nilai rata-rata 72,7 pada saat post-test.

 

 

HASIL RESUME  JURNAL KEDUA YAITU ADALAH

Media sering digunakan dalam menyampaikan informasi prosedural kepada pengguna. Dalam dunia pendidikan media digunakan untuk menyampaikan suatu pengetahuan dalam proses belajar mengajar yang disebut media pembelajaran. Dalam dunia pendidikan suatu metode pembelajaran dapat dihadirkan dengan menggunakan alat bantu belajar. Namun terkadang alat peraga yang digunakan masih kurang menarik karena kurang interaktif dan monoton. Dalam pembahasan ini siswa yang menggunakan perangkat multimedia masih belum memahami prosedur dalam hal perawatan. Sehingga penting untuk membangun sebuah perancangan media animasi interaktif berbasis desktop dalam menyampaikan informasi tentang tata cara perawatan alat multimedia sebelum praktikum dilakukan. Sehingga siswa dapat memahami dan mengingat tata cara pemeliharaan peralatan saat menggunakannya. Dalam pembuatan animasi interaktif ini menggunakan metode waterfall sehingga dalam tahap pembuatannya lebih mudah dipahami dan model pengembangannya dapat dipahami logika dari sistem yang sedang berjalan. Hasilnya dengan penerapan media animasi interaktif ini siswa dapat dengan mudah memahami dan mengingat perawatan yang harus dilakukan pada peralatan multimedia, melalui ilustrasi yang diberikan dalam bentuk animasi untuk menggambarkan prosedur perawatan.

 

 

HASIL RESUME  JURNAL TIGA YAITU ADALAH

Media pendukung pembelajaran bagi siswa sekolah dasar memiliki banyak variasi teknik penyampaian, baik ada yang berbentuk media audio maupun video. Salah satu media penyampaian bagi pembelajaran siswa yaitu berbasis multimedia yang menjadi rancangan aplikasi dalam penelitian ini. Kemampuan mengenali berbagai macam alat transportasi massal bagi tingkat sekolah dasar perlu dikembangkan agar siswa mampu dengan mudah mengetahui dengan baik alat macam macam alat transportasi massal, hal ini yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu merancang suatu aplikasi multimedia pengenalan alat transportasi . Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan studi kepustakaan, objek dalam penelitian ini adalah SDN Cipondoh 9 Tangerang, dimana siswa-siswi dijadikan acuan utama dalam mendukung perancangan aplikasi ini. Perancangan aplikasi multimedia penelitian ini menggunakan model waterfall dalam pengembangan aplikasi. Sedangkan untuk tahap pengujian aplikasi, peneliti menggunakan teknik pengujian black box testing. Maka berdasarkan pemikiran tersebut, dibuat aplikasi pembelajaran transportasi massal berbasis multimedia yang dibuat dengan software Adobe Flash CS3, Basis data, yang diharapkan  dengan adanya aplikasi ini dapat membantu proses belajar mengajar Di Sekolah.

 

HASIL INTI DARI JURNAL DI ATAS ADALAH :

DENGAN TEMA ANIMASI  DAN MULTIMEDIA

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian serta pembahasannya pada masing-masing tahapan yaitu Analysis dari hasil penelitian dan wawancara diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran belum menggunakan media. Design dengan membuat rancangan media animasi yaitu menentukan judul yaitu media Animasi Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi, tema yaitu Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi, background yaitu setiap slide dengan warna putih divariasi dengan warna yang sesuai dengan materi, dubbing dengan suara manusia, dengan font yang menarik, membuat draf dan gambar sesuai dengan materi Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi. Development dari hasil wawancara dapat digunakan untuk membuat desain awal media Animasi Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi kemudian divalidasi ke validator dan digunakan untuk uji coba terbatas dan uji coba luas, Implementation pada tahap ini merupakan langkah realisasi desain dan pengembangan media Animasi Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi yang dilakukan pada uji coba terbatas dan luas, dan Evaluation pada tahap ini dilakukan revisi produk media yang dikembangkan berdasarkan validasi, uji coba terbatas dan uji coba luas. (2) Kevalidan media animasi sudah memenuhi kriteria kevalidan dari validator media. Hasil uji kevalidan dari ahli media menunjukkan media animasi sudah valid dengan memperoleh hasil validasi 4,58 dengan interpretasi/keterangan sangat valid dan boleh digunakan dengan sangat baik. (3) Hasil respon guru dan siswa terhadap media animasi terbukti pada uji kevalidan angket respon anak muda diperoleh rata-rata dari pembelajaran 1,2, dan 5 yaitu 80% menyatakan sangat baik, dan 20% menyatakan baik, makan media animasi dinyatakan sangat baik sebagai media pembelajaran. Hasil respon siswa dari 10 pernyataan diperoleh rata-rata presentase 50% menyatakan sangat baik, 40% menyatakan baik, dan 10% menyatakan sedang, maka media animasi dinyatakan sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran

 

 


0 komentar:

Posting Komentar